17 Juli, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

SOFT OPENING AGROFORETRY DI DESA SUGIHMUKTI

Pancabuananews.com
Kab.Bandung
kegiatan Agroforestry untuk pengelolaan lahan untuk pengembangan bisnis di bidang agro yang dilaksanakan oleh PT Palma Pertiwi Makmur Jawa Barat jjn yang telah ditunjuk oleh Kementerian Pertahanan RI. Minggu (10/3/2024) di Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung.

Acara yang mengusung Tema, Pengembangan lahan produktif di Jawa Barat melalui pola integrasi kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, wisata dalam mendukung program ketahanan pangan Indonesia sebagai Lumbung Pangan International, energi baru dan terbarukan berbasis Agroforestry, Silvofishery, dan Silvopastura”. Dihadiri jajaran Komisariat PT Palma Pertiwi Makmur, jajaran Organisasi Pemerintahan Daerah Kabupaten, yang mewakili hadir dari Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, juga Forkopimcam Kecamatan Pasirjambu.

Dari beberapa wilayah Kabupaten yang menjadi Pilot Project PT Palma Pertiwi Makmur Jawa Barat untuk yang pertama kalinya dibuka di Kabupaten Bandung dengan titik proyeksi dilaksanakan di Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu.

Adapun luas lahan yang akan dijadikan pilot project PT Palma Pertiwi Makmur ada dua titik di Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu seluar yaitu 640 hektar dan 840 hektar. Ujar Bayu Susanto perwakilan PT Palma Pertiwi Makmur.
Dari perijinannya sendiri, Pihak Perusahaan telah mengantongi ijin yang dikeluarkan melalui BPKH juga telah melakukan Tapal Batas dimana lahan tersebut akan dijadikan sebagai lahan pertanian dan perkebunan yang akan dikelola.

Disampaikan Bayu, bahwa project tersebut sebagai upaya dalam rangka meningkatkan Ketahanan pangan sekaligus menjadi project sebagai Lumbung Pangan skala Nasional.

Dimulai dari Kabupaten Bandung meliputi tiga Kecamatan yaitu, di wilayah Pacira (Pasirjambu, Ciwidey dan Rancabali), secara total keseluruhan Luas area yang akan dikerjakan sekitar 2300 hektar. Ucapnya.

PT Palma Pertiwi Makmur dalam mengawali program yang ditunjuk Menteri Pertahanan itu telah melakukan koordinasi baik dengan jajaran Pemangku Kebijakan di Kabupaten Bandung juga dengan Para Pemangku Kebijakan di Provinsi Jawa Barat.

Pihaknya pun dalam Soft Opening kegiatan yang berlangsung hari ini Minggu (10/3/2024) dibantu juga dihadiri perwakilan Polda Jawa Barat, Kodan III Siliwangi juga perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, para PPL Pertanian juga jajaran Muspika Kecamatan Pasirjambu. Ujar Bayu.

Adapun lahan tersebut, sebagaimana dikatakan Perwakilan PT Palma Pertiwi, Bayu Susanto, SE., bahwa di lahan yang berada di Desa Sugihmukti akan ditanami jenis jenis tanaman kerasa produktif seperti Pala, Durian, selain itu perusahan telah bekerjasama dengan mereka komunitas pengusaha agro wisata di wilayah Pacira, seperti halnya untuk Peningkatan Budi Daya Tanaman Strowbery. Pungkasnya

( H.emuh )