22 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Sekda Cakra Amiyana: Duta Pajak Harus Jadi Agen Sosialisasi dan Digitalisasi Pajak

pancabuananews.com
Kab.Bandung
Pemilihan Duta Pajak yang digelar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bandung hendaknya memperhatikan aspek digitalisasi pajak dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Terlebih para Duta Pajak ini merupakan generasi milenial yang dinilai akrab dengan dunia digital.

Pesan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana saat mewakil Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam pembukaan Grand Final Pemilihan Duta Pajak Kabupaten Bandung, di Grand Sunshine Soreang, Jumat (8/3/2024).

“Kita juga harus meningkatkan Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD). Sehingga ke depan, pembayaran pajak ini lebih digiatkan digitalisasinya. Misalnya bisa melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) maupun aplikasi-aplikasi lainnya yang berbasis digital,” pesan Sekda Kabupaten Bandung.
  
Dengan demikian para Duta Pajak ini nantinya lebih diberdayakan sehingga bisa lebih giat mensosialisasikan digitalisasi terkait pajak. 

“Jadi, tambahan pesan dari saya, seharusnya nanti ke depan pemilihan Duta Pajak ini mempunyai kriteria bukan secara tampilan fisik semata, tapi bagaimana pemahamannya terhadap aspek-aspek digitalisasi atau pengetahuan tentang teknologi informasi terkait perpajakan juga sangat penting,” tandas Cakra Amiyana. 

Lebih lanjut Ami menyampaikan pesan Bupati Bandung, yang mengapresiasi atas Strategi, kreasi dan inovasi dari Bapenda atas penyelenggaraan pemilihan Duta Pajak ini. Diharapkan dengan pemilihan Duta Pajak ini, PAD Kabupaten Bandung semakin meningkat. Seperti peningkatan perolehan pajak tahun sebelumnya yang mencapai 30 persen kenaikannya, baik melalui pajak maupun restribusi.

“Terima kasih juga kepada para wajib ajak yang dari tahun ke tahun terus meningkat, sehingga dari pajak ini kita bisa manfaatkan untuk kepentingan pembangunan, dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Ami, sapaan Cakra Amiyana.

Menurutnya pemilihan Duta Pajak merupakan momen yang penting di dalam upaya meningkatkan kesadaran akan kewajiban membayar pajak.

“Pesan dari Pak Bupati Bandung bagi para Duta Pajak, jadilah teladan bagi masyarakat dalam membayar pajak dengan sadar dan tanggung jawab. Mohon disampaikan pesan-pesan tentang pentingnya kesadaran membayar pajak dan manfaatnya bagi pembangunan,” kata Ami. 

Pada kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Bandung mewakili semua para OPD maupun jajaran Pemkab Bandung mengucapkan selamat kepada Ny Emma Dety Dadang Supriatna yang dinobatkan sebagai Bunda Pajak Kabupaten Bandung.

“Saya yakin Bunda Pajak juga para Duta Pajak Kabupaten Bandung akan menjalankan tugas dengan baik dan memberikan kontribusi yang positif bagi keberlanjutan pembangunan daerah,” ujar sekda.

Kepala Bapenda Kabupaten Bandung Erwan Kusumah dalam laporannya menyampaikan, yang mendaftarkan diri untuk menjadi Duta Pajak ini mencapai 110 orang dari 31 kecamatan.
Setelah berbagai seleksai penjurian oleh panitia, terpilihlah 10 calon Duta Pajak yang dipilih untuk menjadi Juara 1, 2,dan Juara 3. ucap Erwan

( Redaksi)