20 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

REDTI ADAKAN GELARAN DONOR DARAH UNTUK SAVE LIFE THALASSEMIA DI KEC,SOLOKAN JERUK KABUPATEN BANDUNG..

PBN,,,,KABUPATEN BANDUNG 06//09//2022
REDTi ( Relawan Donor Darah & Thalassemia Indonesia ) adakan Gelaran Donor Darah ke PMI / Penderita Thalassemia, tujuannya untuk memnbantu PMI ( Palang Merah Indonesia ) dalam pengadaan pengadaan Darah untuk penderita Thalassemia khususnya di kecamatan Solokan jeruk umumnya Kabupaten Bandung.

Hadir pula dalam kegiatan ini Dokter Pendamping penderita Thalassemia Puskesmas Solokan Jeruk Kabupaten Bandung, dr Laras Anita Dewi. Memaparkan kepada awak media seputar Thalassemia, bahwa Thalassemia adalah jenis penyakit kelainan darah yang diturunkan. Berarti menyangkut Ginetik yang diturunkan orang tua atau dari keluarga. Dimana sel darahnya itu tidak sempurna bentuknya, mudah hancur. Makanya mereka butuh transfusi darah. Thalassemia tidak akan timbul secara tiba tiba pada anak anak, di struktur keluarganya pasti ada pengidap, baik dari ibu atau dari ayah. Darah yang diambil untuk penderita Thalassenia dari pendonor adalah sel darah merahnya. Jelasnya.

Camat Solokan jeruk Rahmat ,salah satu peserta donor Darahnya untuk memotipasi masyarakatnya bahwa mendonorkan darah itu tidakembuata kita menjadi sakit malahan bisa membuat kita lebih sehat ucapanya, karena sirkulasi darah yang kita donorkan akan tergantikan oleh darah yang baru yang di produksi oleh tubuh kita secara alami tungkasnya,
saat di mintai keterangan oleh pihak media saat melaksanakan donor ke pihak PMI ( Palang Merah Indonesia ) dikantor kerjanya.

Koordinator di Gelaran acara donor Darah tersebut , Sersan kepala Sanija KOREM 603 Kodim ,6020 Citarum harum sektor 21 ,mengucapakan banyak terimakasih kepada para pendonor yang telah mau peduli untuk mendonorkan darahnya kepada Para penderita Thalassemia ataupun kepada PMI
Beliau mengatakan menyumbangkan semoga kepada para pendonor semoga diberikan kesehatan dan kesehjatraan rejeki yang baik ucapnya saat di wawancara oleh awak media seusai gelaran acara tersebut di gelar di kantor kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung siang tadi jam 08:00 tanggal 07//09//2022 .

Sementara menurut tokoh masyarakat Solokan Jeruk yang turut serta menjadi pendonor pada kegiatan ini; H. Dudi Mustofa, (Caleg DPRD Dapil 5 dari PKB) sangat mengapresiasi kegiatan Kemanusiaan yang diinisiasi REDTI ini,. Dan siap mendukung dan membantu kegiatan REDTI. Yang mana manfaat dan maslahatnya sangat dibutuhkan oleh para penderita Thalassemia.

Salah satu masyarakat Solokan jeruk Dedeh Jumilah mengatakan dia baru pertama kali mendonorkan Darahnya,tetapi perasaanya sangat bangga bisa ikut berpartisipasi setidaknya mengurangi beban dari PMI untuk pendanaan darah untuk para penderita Thalassemia ucapnya.

Kabupaten Bandung 07//09//2022
( Setiawan)