28 Mei, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Rangkaian Hari Jadi ke-383, Pemkab Bandung Gelar Festival Kreativitas Bedas

Pancabuananews.com
KAB. BANDUNG
Pemerintah Kabupaten Bandung melaksanakan Opening Festival Kreativitas Kabupaten Bandung Bedas dalam rangka Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung di kawasan Gedong Budaya Soreang, Jumat (19/4/2024).

Bupati Bandung Dadang Supriatna diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung dan pihak lainnya turut hadir. Selain itu, Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Bandung yang juga Bunda Bedas Hj. Emma Dety Dadang Supriatna hadir pada kegiataan tersebut.

Emma Dety mengucapkan selamat datang kepada tokoh masyarakat dan tamu undangan dalam acara pembukaan Festival Kreativitas Kabupaten Bandung Bedas.

“Kegiataan ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian peringatan Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung,” katanya.

Emma Dety mengatakan kegiatan ini merupakan wujud dan komitmen kita dalam upaya meningkatkan sektor perekonomian, terutama usaha kecil dan menengah.

“Untuk itu, saya berharap kegiataan seperti ini menjadi agenda rutin dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bandung maupun para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bandung,” harap Bunda Bedas.

Selanjutnya, Festival Kreativitas Kabupaten Bandung Bedas ini merupakan momentum untuk bisa mengapresiasikan dan juga mempromosikan berbagai bentuk kreativitas serta hasil yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Melalui Festival Kreativitas ini kita dapat menampilkan beragam produk UMKM, kreativitas budaya, teknologi dan juga inovasi yang telah menjadi bagian identitas dan jati diri Kabupaten Bandung,” katanya.

Ia mengungkapkan ikut mendorong seluruh masyarakat dan juga para ASN Kabupaten Bandung untuk senantiasa membeli dan memakai produk lokal Kabupaten Bandung.

“Kita harus bangga dengan produk lokal Kabupaten Bandung karena kualitasnya tidak kalah dengan produk-produk impor,” kata Emma Dety.

Ia mengatakan sudah seharusnya produk UMKM lokal bangkit. Selain menjadi ajang untuk mengapresiasi festival kreativitas Bedas, kata dia, juga menjadi sarana untuk pencarian lapangan kerja melalui mini job fair sekaligus memperluas jejaring bertukar pengalaman dan juga memperkuat kolaborasi antara pelaku UMKM dan juga industri kreatif di Kabupaten Bandung.

“Dengan saling menginspirasi dan juga mendukung satu sama lainnya. Kita juga dapat mempercepat pertumbuhan dan pengembangan industri kreatif di daerah ini,” tutur Emma Dety.

Ia mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Bandung selalu memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi para pelaku UMKM dan industri kreatif agar dapat terus maju dan berkembang selain dikenal oleh masyarakat Kabupaten Bandung dan juga bisa dikenal oleh yang lainnya.

“Menghasilkan produk lokal yang berkualitas global,” katanya.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bandung memiliki platform online bernama “Bedas Mart” sebagai wadah untuk memasarkan produk UMKM secara digital maupun melalui offline.

Selain memberikan apresiasi terhadap panitia festival kreativitas, Emma Dety mengajak kepada semua pihak untuk menikmati setiap momen dalam kegiataan festival kreativitas Kabupaten Bandung Bedas tersebut dengan penuh kegembiraan dan kebersamaan.

“Diharapkan melalui festival kreativitas ini dapat memberikan inspirasi serta motivasi untuk terus berkarya dan berinovasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana mengatakan berkaitan dengan pelaksanaan Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung ini, setiap kecamatan melaksanakan pagelaran seni budaya.

“Hal ini setelah Pak Bupati menugaskan setiap kecamatan untuk serentak melaksanakan kegiataan pagelaran seni budaya,” katanya.

Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung yang bertepatan tanggal 20 April 2024 ini, imbuh Cakra, peringatan puncaknya pada 21 April 2024, yaitu melalui pelaksanaan Karnaval Budaya Bedas.

“Yang akan diikuti oleh para OPD (Organisasi Perangkat Daerah), kecamatan, BUMN, BUMD. Saya pun berharap ke Disparbud Kabupaten Bandung untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan karnaval budaya Bedas untuk diketahui oleh masyarakat luas dengan harapan masyarakat bisa hadir,” tuturnya.

( Red )