18 Juni, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Press Conference Evaluasi Pengawas Logistik Pemilu 2024 Panitia Pengawas Pemilihan Umum

Pancabuananews.com
Kab.Bandung
Badan Pengawas Pemilu (PAWASCAM) Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pengawasan Pengadaan dan Pendistribusian Logistik bertempat di Kafe Senja Desa Mandalamekar , Minggu, (10/03/2024) Kegiatan tersebut merupakan satu dari sejumlah evaluasi yang diagendakan Panwascam Cimenyan pada setiap tahapan pelaksanaan pemilu 2024. sekaligus sebagai upaya penguatan kapasitas anggota. 

Menurut ketua Panwas tersebut kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Erwan Susanto kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi hasil pengawasan berkaitan dengan pendistribusian logistik, agenda evaluasi rapat juga difokuskan pada pengawasan pengadaan jumlah surat suara, berdasarkan hasil pengawasan saat pendistribusian berlangsung pada sebelum pemilu tanggal Februari 2024 

Evaluasi tersebut membahas mengenai jumlah temuan pelanggaran pelaksanaan pendistribusian logistik Pemilu 2024, yang dicatat dalam formulir model a pengawasan Pemilu, beberapa saran perbaikan yang dibahas dalam evaluasi tersebut, dicatat Bawaslu Cimenyan, catatan hasil evaluasi akan disampaikan kepada pihak KPU Kab.Bandung, sebagai saran perbaikan agar kesalahan serupa tidak terulang pada Pemilu mendatang. 

Dari hasil pengawasan panwascam di kecamatan Cimenyan terdapat beberapa kesalahan yang dicatat Panwascam dalam form a, seperti pada kecamatan Kobalima terdapat C hasil penghitungan suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten yang tertukar. 

“Ada C hasil bukan berasal dari anggota DPRD dari di daerah pilih (Dapil) pada kecamatan tersebut yang tertukar” ungkap Erwan kepada beberapa Awak media (06/03) . 

Kesalahan pendistribusian serupa juga ditemukan di beberapa kecamatan. Selain itu pengadaan jumlah surat suara yang berkurang pada kotak logistik yang di 
Semua kesalahan dalam pelaksanan distribusi dan pengadaan logistik telah dirampungkan dalam laporan evaluasi yang nantinya akan disampaikan ke pihak KPU yang adalah domainnya logistiknya logistik sehingga dapat menyiapkan logistik, 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 peserta pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) dari beberapa kecamatan yang ada. Sementara untuk penguatan kapasitas setiap Panwascam, narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut adalah mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bandung. Tatang menambahkan pihaknya akan melaksanakan kegiatan evaluasi untuk membahas hasil pengawasan terhadap tahapan pelaksanaan Pemilu lainnya dalam satu pekan ke depan.

( Asep k )