21 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

PEMUDA PANCASILA JABAR,GELAR ACARA SRIKANDI SASAPU DI MOMEN HUT RI KE 77. 17 AGUSTUS 2022

PBN,,,Kotamadya Bandung 17/8/2022
Dalam rangka untukmemperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 tahum 2022, Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Barat, menyelenggarakan acara Srikandi Sasapu. Yang dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Agustus 2022, berlokasi di Taman Tegalega Kota Bandung dan Sekitarnya.

Penanggung jawab kegiatan Srikandi Sasapu, H. Dian Rahadian, SH., MH., yang juga adalah Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Barat, menjelaskan kepada awak media bahwa tujuan daripada diselenggarakanya kegiatan ini adalah Sebuah program yang digagas oleh pengurus Lembaga Srikandi Jawa Barat dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republil Indonesia yang ke 77 Tahun 2022, untuk menggelorakan semangat seluruh kader Srikandi Jawa Barat untuk membiasakan gerakan bersih bersih di lingkunganya masing masing.
Ada pesan moral dari kegiatan ini untuk seluruh kader dan masyarakat Jawa barat bahwa dalam mengisi pasca kemerdekaan ini untuk bersam sama membersihkan diri, Membersihkan niat dan semangat dalam mengisi kemerdekaan ini, untuk selanjutnya bersama sama membangun Republik ini.
Selain kegiatan Bersih bersih ini, ada kegiatan lainya yang diselenggarakan oleh MPW PP Provinsi Jawa Barat, antara lain kegiatan Olah raga Tenis Meja, Catur, Panco, dan Perlombaan Tradisional lainya. Ungkapnya.

Q

Acara diikuti oleh Puluhan kader Srikandi dan jajaran pengurus MPW PP Jabar di mulai dari pukul 06.00 s/d 09.00 Wib
Adapun titik lokasi yang dibersihkan dalam kegiatan Srikandi Sasapu antara lain meliputi kelompok 1 : Dari ujung trotoar jl. Moh Toha (Stopan) sampai Parapatan Otista (Lampu Stopan)
Kelompok 2 : Dari area Podium sampai ke jalan Delapan (Taman)

Sementara, Ketua Panitia Kegiatan HUT RI ke 77 tahun 2022 MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Barat, Hj. Waty S Permana, menjelaskan bahwa Program Srikandi Sasapu ini merupakan program unggulan lembaga Srikandi MPW PP Jawa Barat. Srikandi Jawa Barat mempunyai motto Nyantri, Nyunda, Nyakola Tur Masagi.
Kaitanya kegiatan Srikandi Sasapu ini dengan motto kami adalah dari segi Nyantri, bahwa kita sebagai umat beragama, yakin bahwa kebersihan itu sebagian dari Iman. Kemudian dari sisi Nyunda adalah bahwa karakter orang Sunda mempunyai jiwa Gotong royong. Saling bantu bahu membahu dalam kebersamaan. Selanjutnya dari sisi Nyakola, kita mengedukasi kepada kader dan masyarakat bahwa kebersihan lingkungan adalah paktor utama dalam kesehatan. Lingkungan yang kotor adalah faktor sumber penyakit. Untuk ini kita gelorakan semangat bersih bersih di lingkungan kita.
Pungkasnya.

Susunan Panita Kegiatan HUT RI ke 77 tahun 2022 MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Barat :
Penanggung Jawab : H. Dian Rahadian, SH., MH., (Ketua MPW PP Jabar), Ahmad Rizal, SH (Sekretaris MPW PP Jabar)
Ketua : Hj. Waty S Permana
Wk Ketua : H.Siti ( Ketua bid pnddikn olah raga seni dan budaya PP Jabar.)
Sekretaris : Silvia Lasmawati
Bendahara : R Yetty Nurvianti
Wk. Bend : Hj. Yanthi Sriyanti.
Dibantu oleh para koordinator dan seksi kegiatan lomba
Ketua Badan Pengembangan Seni dan Budaya PP Jabar. H. A.Drajat.

Saat di mintai keterangan Seusai acara, oleh awak Media H.A.Drajat beserta istri Hj.Mbu Siti sebagai Ketua Bidang Seni dan Budaya DPW Srikmandi PP mengatakan, yang posisinya sebagai ketua badan pengembangan Seni dan Budaya

Kita mengembangkan lagi memunculkan lagi seni-seni yang ada dii tataran Sunda khususnya Kotamadya Bandung. Ucapnya

Masyarakat seperti misalkan seni jaipongan seni pencak silat tarawangsa dan lain sebagainya guna untuk mengenalkan kembali mereview kembali bahwa di kita itu ada seni-seni yang sudah lama ditinggalkan oleh masyarakat khususnya masyarakat Sunda yang ada di Jawa Barat itu mungkin lebih daripada daerahnya sendiri itu harapan saya untuk kaum milenial jangan lupa pada diri kita sendiri jangan lupa pada jati diri kita sendiri jati diri kita ya seni dan budaya sama siapa lagi kalau bukan sama generasi yang akan datang sama generasi yang sekarang kalau tidak Adik Diteruskan oleh generasi-generasi kemudian dengan sendirinya seni dan budaya ini akan musnah.

Untuk pelaku pelaku seni hidupkan harapan saya kepada Pemerintah lebih banyaklah kegiatan-kegiatan kesenian yang berhubungan dengan seni dan budaya agar masyarakat seniman dan seniwati yang ada di Tatar Pasundan ini bisa bisa mempunyai lagi pendapatan sehingga mereka bisa melestarikan seni dan budaya yang ada di peta.

KABUBATEN BANDUNG .2022/08/17

Jurnalis : Setiawan.