17 Juli, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Pemkab Bandung Sosialisasikan Program Gekssor di Desa Dampit Cicalengka

PBN,,Kab.Bandung

Pemkab Bandung melalui Dinas Pertanian melakukan inovasi dalam upaya pencegahan stunting melalui program Gekssor (gerakan konsumsi sayuran, susu dan telur). Kali ini Program Gekssor dilakukan bagi para ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki anak balita dengan katagori stunting di Aula Desa Dampit Kec Cicalengka Kab Bandung, Kamis (17/11/22).

Ketua TP PKK Kab. Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna didampingi Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Yayan Agustian hadir memberikan penyuluhan dan pembinaan serta memberikan bantuan 90 paket makanan yang berisi sayuran, susu dan telur kepada ibu-ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki anak dengan katagori stunting di Desa Dampit Kec. Cicalengka.

Emma Dety mengatakan, program Gekssor ini merupakan inovasi dari Dinas Pertanian dalam upaya pencegahan stunting dengan sasaran ibu hamil dan anak-anak dengan katagori stunting
“Mereka sengaja dikumpulkan untuk mendapatkan bantuan paket makanan dalam upaya pencegahan stunting,” kata Emma Dety.

Dalam kesempatan itu, Emma Dety mengingatkan kepada ibu-ibu hamil dengan usia diatas 35 tahun agar melakukan persalinan di rumah sakit mengingat
Kehamilan di atas usia 35 tahun masuk katagori hamil dengan resiko tinggi. “Karena merupakan usia yang dinilai rawan,” ujar Emma Dety.
Menurut Emma karena berisiko tinggi dikhawatirkan, ibu atau bayinya meninggal. “Makanya, kita berusaha memberikan makanan seperti itu,” ujarnya.

Pada kegiatan Gekssor kali ini, Emma Dety turut menjelaskan jenis-jenis makanan bergizi, harganya murah tetapi mengandung protein dan bagus untuk kesehatan tubuh. Di antaranya, sayuran, susu dan telur.
“Cukup dengan makanan yang sederhana yang bisa ditemukan sehari- hari dan gizi yang seimbang. Ada sayuran dan ada juga buah-buahan, selain telur tadi. Makan sayuran diusahakan lebih banyak, dan telur minimal tiga butir setiap harinya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung H. A Tisna Umaran melalui Kabid Penyuluhan Yayan Agustian mengatakan, program Gekssor merupakan inovasi yang bagus dalam pencegahan stunting, dengan sasaran anak yang mengalami gagal tumbuh kembang. Misalnya, anak dengan usia 7 tahun, tapi pertumbuhan badanya kurang.
Ia mengatakan, jenis sayuran yang dapat mencegah stunting terdiri dari kangkung, bayam, brokoli, dan sayuran lainnya.
“Paling murah harganya, yaitu makan telur dan minum susu serta makanan yang mengandung protein. “Ibu-ibu hamil juga bisa minum susu,” katanya.

(Asepk)