20 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Pemkab Bandung Salurkan Bantuan Bahan Pangan kepada Masyarakat Terdampak Banjir

Pancabuananews.com.Kab.Bandung
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menyalurkan bantuan bahan pangan untuk masyarakat yang terdampak banjir di tiga desa di Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung.
Secara simbolis bantuan bahan pangan itu sudah diserahkan Bupati Bandung Dadang Supriatna kepada warga yang terdampak banjir di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Minggu (14/1/2024).

Bupati Bandung Dadang Supriatna melalui Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung Ina Dewi Kania mengatakan, bantuan bahan pangan berupa beras sebanyak 24,52 ton dan minyak goreng sebanyak 4.906 liter itu untuk 4.906 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir di Kecamatan Bojongsoang.
“Masing-masing warga di tiga desa yang terdampak banjir dan menerima bantuan bahan pangan itu, sebanyak 2.600 KK di Desa Tegalluar, 1.788 KK di Desa Bojongsoang dan 516 KK di Desa Bojongsari,” kata Ina Dewi Kania dalam keterangannya di Soreang, Senin (15/1/2024).

Menurut Ina Dewi Kania, bahwa bantuan bahan pangan kepada masyarakat yang terdampak banjir itu sudah diserahkan kepada para penerima manfaat bantuan tersebut. “Bantuan bahan pangan yang disalurkan Pemkab Bandung itu untuk mengurangi beban masyarakat setelah terdampak banjir,” kata Ina Dewi Kania.
Menurutnya, penyaluran bantuan bahan pangan itu sifatnya sementara waktu, untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat disaat terdampak banjir. “Warga mengalami akses keterbatasan keluar rumah dengan adanya banjir itu. Bantuan bahan pangan itu sudah diserahkan melalui desa masing-masing dan disaksikan oleh Camat Bojongsoang. Simbolis menyerahkan bantuan itu langsung oleh Bapak Bupati Bandung,” katanya.

Ina Dewi Kania mengatakan para penerima bantuan bahan pangan itu semuanya adalah warga terdampak banjir setelah datanya diterima dari masing-masing desa kemudian diverifikasi oleh pihak kecamatan setempat.
“Seperti yang terjadi di Desa Tegalluar, sebanyak 14 RW semuanya terdampak banjir,” ujarnya.

Lebih lanjut Ina Dewi Kania mengatakan bahwa Pemkab Bandung melalui Tim dari Dinas Pangan dan Perikanan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung sudah turun langsung ke lokasi banjir Kecamatan Dayeuhkolot dalam upaya merencanakan menyalurkan bantuan bahan pangan kepada warga terdampak banjir. Pada Senin (15/1/2024),

Bupati Bandung Dadang Supriatna juga melakukan peninjauan langsung ke lokasi yang terdampak banjir di Kecamatan Dayeuhkolot.
“Mungkin besok (Selasa 16 Februari 2024), kita akan didistribusikan juga bantuan bahan pangan untuk masyarakat yang terdampak banjir di Dayeuhkolot. Kita lagi nunggu hasil verifikasi tingkat Desa Citereup Kecamatan Dayeuhkolot, karena yang terdampak banjir sangat berat di Desa Citeureup,” tutur Ina Dewi Kania.

“Mungkin nanti malam (Senin malam), kita dapat infonya. Insya Allah besok pagi (Selasa pagi) juga kita akan meluncur untuk distribusi bantuan bahan pangan berupa beras dan minyak goreng,” katanya.

(Asepk)
Sumber Diskominfo