17 Juli, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Pelayanan Air Bersih Kab, Bandung Berikan Modal Sebesar 20 Milyar Untuk Perumda Tirta Raharja

PBN,,,Kab.Bandung

Bupati Bandung Dadang Supriatna akan menambah penyertaan modal Rp. 20 miliar kepada Perumda (Perusahaan Air Minum Daerah) Air Minum Tirta Raharja. Hal itu dilakukan dalam rangka memperluas dan meningkatkan kualitas pelayanan, serta memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Bandung.

“Ini merupakan upaya kami dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat. Bersama Perumda Tirta Raharja, kami akan terus melakukan terobosan serta inovasi yang dapat menjangkau lebih banyak masyarakat, tentunya dengan cakupan yang lebih luas lagi,” ucap Bupati Bandung Dadang Supriatna di sela kegiatan Peresmian Wilayah Pelayanan Baru Perumda Air Minum Tirta Raharja Kota Pelayanan Margaasih di Balai RW 15 Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih, Senin (9/1/2023).

Berdasarkan peraturan Pemerintah No 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan di tetapkan peraturan daerah no 5 tahun 2019 tentang Perumda Air Minum Tirta Raharja, bahwa keberlangsungan oprasional dan pengembangan perusahaan untuk pengembangan pelayanan kepada masyarakat pemerintahan daerah memberikan modal dasar kepada Perumda Air Minum Tirta Raharja ,sehingga rencana bisnis sampai ke tahun 2024 bisa terselenggara dengan baik.

Modal usaha yang disertakan oleh pemerintah kabupaten bandung memberikan dampak yang signifikan terhadap pengembangan usaha dalam melayani dan mengikatkan cakupan pelayanan untuk masyarakat di kabupaten bandung, serta memberikan kontribusi pula terhadap prestasi – prestasi kinerja Perumda Air Minum Tirta Raharja.

Perumda Air Minum Tirta Raharja sebagai penyelenggara Sistem Penyedia Air (SPAM)
Yang melayani kebutuhan Air Minum Masyarakat/ Pelanggan di kabupaten Bandung.

Area pelayanan Perumda Air Minum Tirta Raharja yang tersebar di 4 wilayah yaitu:

  1. Wilayah Pelayanan 1 (Soreang kutawaringin dan Ciwidey)
  2. Wilayah Pelayanan 2 ( Banjaran,Baleendah,Bojong soang , danyeukolot dan Pangalengan)
  3. Wilayah Pelayanan 3 (Ciparay ,Pacet ,Cicalengka, Majalaya, Rancaekek dan Cileunyi)
  4. Wilayah Pelayanan 4( Cimahi ,Cisarua,Lembang,Padalarang, Cikalong Wetan,Cililin dan Batu jajar)

“Sementara itu, Dirut Perumda Air Minum Tirta Raharja, Rudie Kusmayadi menjelaskan, pihaknya menargetkan akan mendistribusikan kebutuhan air kepada 12 ribu sambungan rumah secara bertahap.

“Sampai saat ini baru ada 2.500 sambungan. Rencananya, tahun 2024 kami akan melayani sekitar 12 ribu sambungan rumah di wilayah Margaasih dan Margahayu,” terangnya.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat Kabupaten Bandung, pihaknya memanfaatkan Sungai Cisondari yang berada di lahan Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung, Kecamatan Pasirjambu.

“Rencananya, SPAM Gambung ini akan melayani lima kecamatan yaitu Kecamatan Katapang, Soreang, Kutawaringin, Margahayu dan Kecamatan Margaasih,” pungkas Rudie.

Setiawan