20 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Panwaslu Kecamatan Ciwidey Mencegah Pelanggaran Kampanye PEMILU 2024

Pancabuananews.com
Kabupaten Bandung , sebagai kontrol sosial, selasa tanggal 30 januari 2024.Mendatangi ke acara rapat fasilitasi pembinaan dan penguatan kelembagaan pada pemilu tahun 2024 kecamatan ciwidey. Panwaslu tiga kecamatan di lokasi Aula Rumah Makan Sangkan Hurip, jalan raya ciwidey kampung haur koneng ( PR ), desa ciwidey kecamatan Ciwidey kabupaten Bandung. Awak media mewawancarai ketua Kordiv SDM Bapak Asep Dodi S.Pd.I tingkat kecamatan Ciwidey .menyampaikan kepada awak media pancabuqnews.com . Kegiatan ini adalah kegiatan Rakor di tiga kecamatan ,salah satunya di tingkat kecamatan ciwidey ,Rancabali,Pasirjambu (PACIRA), Kebetulan lokasinya di kecamatan Ciwidey. Materinya penguatan ke lembagaan untuk pengawas pemilu tahun 2024 ,tujuannya untuk membina para PKD untuk bersiap- siap ke tahap selanjutnya, tentang pengawasan logistik dalam hal ini akan timbul melibatkan dari divisi managemen kebetulan di panwas kecamatan ciwidey terdiri dari tiga divisi saya Asep Dodi S,Pd.I sebagai ketua divisi SDM tingkat kecamatan ciwidey, alhamdulillah di tingkat kecamatan ciwidey kondusip dan kooperatip ,”tuturnya .

Mewawancarai juga bapak Agus Tuteng sebagai kordiv P3S tingkat kecamatan ciwidey ,menyampaikan kepada awak media tentang pemilu 2024 ,” kita sesuai dengan moto panwaslu ,Mencegah Awasi dan Tindak ,khususnya di tingkat kecamatan ciwidey alhamdulillah di tingkat kecamatan ciwidey sangat aman dan kondusip. Walau pun aman buat para peserta pemilu tapi buat kami sebagai kordiv P3S menjadi bahan kesibukan kami misalkan contoh soal teknis sebelumnya sudah ada surat pemberitahuan ,misalkan akan melakukan kampanye ,jadi sebelumnya mereka melakukan kegiatan kita sudah memberikan dulu arahan- arahan agar tidak melanggar, misalkan seperti itu, dan kita juga memberikan pengawasan ,supaya terhindar dari pelanggaran . Alhamdulillah di tingkat kecamatan ciwidey relatif aman adapun ada yang unik ,kampanye di bandingkan dengan kecamatan yang lain termasuk jarang juga kalau pun ada selalu ada laporan dari peserta pemilu dan selalu ada pemberitahuan dan minim pelanggaran artinya hampir 0% pelanggaran di tingkat kecamatan ciwidey. Harapan untuk kedepannya , kita akan memasuki hari-hari tenang kami sangat waspada bagi masyarakat tenang-tenang tapi buat kami bukan hari tenang tapi hari sibuk . Betul-betul extra pengawasan kita berkoordinasi dengan polsek khususnya jadi kita perketat pengawasan. Dengan harapan kita tidak ada permasalahan dan lancar .”ujarnya.

Mewawancarai juga ibu Rinrin Herdian sebagai kordiv HP2HM menyampaikan kepada awak media warta jurnal net , ” di sini saya di tahapan pemilu selalu menekankan kepada PKD terkait mencegah pelanggaran pemilu, dan menyebarkan surat himbauan kepada para ASN, PAC ,partai politik, juga pada timses khususnya di tingkat kecamatan ciwidey, Agar tidak terjadi pelanggaran yang akan mengakibatkan patal , jadi kita sebelumnya pencegahan terlebih dahulu , dari pertama tahapan logistik menghimbau kepada jajaran PKD ,PTPS untuk mengawal atau ikut mengawasi kegiatan pendistribusian logistik, kita harus mengetahui jumlah dan data yang akan di distribusikan dari tingkat kabupaten ke tingkat kecamatan sampai ke tingkat desa. Dan akhirnya ke tingkat TPS.kita harus mengetahui berapa jumlahnya dan kita harus tahu betul berapa jumlah DPT yang akan menyoblos khususnya di tingkat kecamatan ciwidey. Pendistribusian bilik suara jumlahnya 1236 baru di tingkat kecamatan ciwidey kami di panwas kecamatan ciwidey beserta 7 PKD di tiap desa sudah melantik 39 TPS yang akan siap mengawasi dan memantau kegiatan- kegiatan nanti pas di hari H ,pas pencoblosan jadi kami sudah siap mudah- mudahan bisa berjalan dengan lancar aman terkendali dan kondusip , ujar Rinrin Herdian kordiv HP2HM tingkat kecamatan ciwidey.**S.A

( H.Ajum )