17 Juli, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

LSM Triga Nusantara Grudug DPUTR Kabupaten Bandung dari Bentuk Ketidak Puasan Masyarakat

PBN,,,Kabupaten Bandung
Aksi damai digelar di depan Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang ,Citaliktik di Jl.Raya Soreang Banjaran dilakukan oleh sejumlah anggota Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Triga Nusantara ( Trinusa ) Kamis ( 31/8/2023 )

Tim Pengamanan dari Polresta Bandung Kusworo Wibowo,S.H.,S.I.K.,M.H.dengan sigap persiapkan dengan menurunkan pasukan Dalmas sekitar 150 personil dengan senjata lengkap .

“Sedangkan Kapolresta Bandung Kusworo
Wibowo,S.H.,S.I.K.,M.H. mengimbau”kepada seluruh peserta Aksi untuk dapat menjalankan aksinya dengan damai ,kondusif, tidak anarkis setiap warga masyarakat Indonesia berhak menyampaikan pendapatnya di muka publik sesuai UU No 9 tahun 1998 mengatur tentang cara penyampaian pendapat di muka umum. Cara-cara yang harus dilakukan, yakni: Wajib memberitahukan kegiatan penyampaian pendapat di muka umum secara tertulis kepada Polri. Pemberitahuan disampaikan oleh yang bersangkutan, pemimpin, atau penanggung jawab kelompok,”Ungkapnya

“Saya tidak menginginkan ada hal hal yang dapat merugikan semua pihak ,jadi Saya harap senua bisa mengerti dan dapat menjaga kondusifitas dilingkungan .

“Dari peserta aksi yang diungkapkan beberapa orang meminta keterbukaan publik terutama pembangunan RSUD di Kabupaten Bandung terutama bidang Amdal dan kelayakan dari pembangunan tersebut harus diperhatikan,dan terbebas dari KKN.
Karena diduga ada oknum yang berusaha memainkan RAB oleh para pemenang tender,ucapnya.

“Sementara tanggapan dari H.Eri Hernawan selaku Kepala Bidang Jalan mengatakan ” untuk peserta demo itu bebas bebas saja karena sesuai dengan Undang Undang no 39 tahun 1999 dan Undang Undang no 9 tahun 1998 ,ujar.Eri

Namun demikian H.Eri Hernawan menambahkan bahwasannya masalah yang dipertanyakan itu statusnya belum beres seratus persen dan belum diperiksa apalagi pembayarannya juga belum jadi kesalahannya dimana ,belum jelas ,imbuhnya.

Terjadi mediasi antara pihak Dinas PUTR dengan perwakilan dari LSM Trinusa
Hadir pada mediasi tersebut
Kaban Kesbangpol Bambang,Kabag OP Polresta Bandung Sungkowo,kabid Jalan H.Eri Hernawan ,Kabid (Kepala Bidang) PBG Maulana dan perwakilan dari LSM Trinusa sebanyak 6 orang.

“Terjadi sangat alot argumentasi ke 2 (dua ) belah pihak dengan berdasarkan Undang Undang berakhir dengan pembuatan berita acara/ notulen rapat dan untuk pertanyaan yang diajukan pihak LSM akan direalisasikan jawabannya pada hari selasa

Saat kami temua setelah selesai pertemuan dengan para pejabat terkait di ruangan rapat DPUTR Dinar ketua Divisi investigasi LSM Triga Nusantara Mengatakan Kami saat ini belum bisa mendapatkan hasil yang katanya akan mereka jawab dari pihak DPUTR Pada hari Rabu 5 /09/2023 ,”Tegas Dinar

Setiawan