20 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

LINGKUNG SENI GALURA PUTRA SADU GELAR KESENIAN CALUNG DI GEDUNG SABILULUNGAN

PBN,, Alhamdulillah Wa syukurillah pada hari ini kita laksanakan pagelaran kesenian Calung se Kabupaten Bandung.
yang digagas oleh komunitas Galura Putra Sadu Kabupaten Bandung di mana Galura Putra Sadu ini didirikan di kampung Sadu yang mempunyai sejarah historis bahwa sebagai penggiat atau pecinta seni calung untuk melestarikan beragam budaya yang ada di Kabupaten Bandung sehingga diapresiasi oleh kami atas inisiatifnya Kang Prabu mudah-mudahan dalam seni calung ini memotivasi semua warga terutama di kalangan milenial yang sekarang sudah terlupakan masalah kegiatan calung

dan bukan Calung saja sebenarnya di Galura Putra Sadu ini ada reog, ada pencaksilat dan ada lainnya juga. Dan inilah pengembangan satu budaya yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah khususnya dan umumnya juga dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat karena masalah budaya merupakan suatu akar yang sangat mengakar di masyarakat yang sangat kuat Kenapa saya mengatakan hal seperti itu karena dengan kekuatan budaya ini membuat satu kekuatan yang fundamental di kalangan masyarakat sehingga tidak akan tergoyahkan oleh budaya-budaya lain yang masuk. Dengan seni tradisional ini kita membangkitkan satu rasa cinta rasa memiliki rasa ingin memajukan kemajuan kebudayaan seperti ini.

Ini momen momen yang paling krusial dengan adanya pagelaran kesenian seperti yang digagas oleh Kang Prabu kami sangat memberikan dukungan yang positif yang perlu mendapatkan satu tanggapan dari kalangan masyarakat Kabupaten Bandung khususnya dan umumnya provinsi Jawa Barat karena masalah kesenian Calung ini adalah masalah kesenian yang sekarang sudah agak tersisih karena kemajuan zaman terus dianggapnya seni tradisional ini tidak mempunyai nilai.

Padahal kalau dicermati kalau misalkan kita dalami, hayati nilai calung ini adalah nilai yang lebih berbudaya dan lebih luhur dikalangan Tatar Sunda makanya Kami memohon sekali lagi kepada stakeholder yang mempunyai kepentingan khususnya Dinas Kebudayaan Kabupaten Bandung untuk memberikan satu perhatian yang benar-benar menjadi nilai wisata seni dalam hal Calung termasuk reog & dogdog sekarang sudah hampir musnah. Jika tidak dilestarikan oleh kita siapa lagi, kalau kita tidak peduli siapa lagi, di sinilah pagelaran ini untuk memberikan suatu respon terhadap pemerintahan Kabupaten Bandung dengan jargon BEDAS mudah-mudahan pak Bupati juga memberikan suatu apresiasi dan ada perhatian terhadap paguyuban Galura Putra Sadu ini.

Dinas Pariwisata dan kebudayaan ini sebagai barometer atau sebagai induk dari pada semua organisasi yang ada harusnya memberikan suatu dukungan secara pembinaan dalam pelestariannya, pemanfaatannya termasuk masalah edukasi ke masyarakat dan promosi. kalau tidak ada promosi dari pemerintah daerah percuma jadi cuma main-main begitu aja tapi kalau misalkan ada dukungan secara, baik dukungan sarana dan prasarana yang ada dan pembinaan yang kontinu Insyaallah seni tradisional Calung ini dapat mendunia, jangan sampai seni Calung ini diklaim oleh negara luar, Kenapa ? karena kita berkaca kepada seni tradisional yang lainnya seperti pencak silat, Reog Ponorogo yang diklaim oleh negara lain dan jangan sampai seperti itu mudah-mudahan calung ini mendapat pengakuan dari dunia juga.

Tergantung sekarang para pelestariannya dan masyarakat itu sendiri mau atau tidak untuk melestarikan seperti ini dengan adanya gagasan dari Gelura Putra Sadu ini yang tercetusnya otomatis membuat suatu wacana yang kedepannya insya Allah akan memberikan suatu sajian yang sangat menarik di kalangan masyarakat lokal maupun internasional

Dalam pendanaan kami mandiri tapi keterkaitan dengan dinas Alhamdulillah sudah memfasilitasi berupa gedung budaya Sabilulungan untuk melaksanakan pagelaran tersebut dalam pendanaan ini kami berusaha sendiri bagaimana caranya mencari dana karena kita cinta terhadap seni dan budaya dan pengembangan, rekan-rekan turut membantu dalam segi pembiayaan ini, Tutur H. Adang Sutardi, SH selaku pembina di Gelora Putra Sadu Kabupaten Bandung.

Dengan adanya Pagelaran Seni Calung kabupaten Bandung yang Bedas adalah sangat positif hal yang harus di kasih apresiasi Walaupun memang dengan anggaran Swadaya kita, tidak melibatkan dinas.
Galura Putra sadu mengadakan pagelaran ini dengan tujuan untuk membangkitkan semangat para seniman khususnya dalam seni Calung terus kedua juga Memang meningkatkan SDM para Seni calung, pelaku-pelaku seni calung memang bisa dibangkitkan. (Ak/Iin)