21 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Letkol Inf.Hamzah Budi Susanto Kodim 0624/Kabupaten Bandung Siap Tambah Koramil Tahun 2024

Dandim 0624/Kabupaten Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto mengungkapkan jumlah Komando Rayon Militer (Koramil) di wilayah teritorialnya akan bertambah di tahun 2024.

Dandim membeberkan penambahan Koramil ini penting mengingat dilihat dari segi perkembangan organisasi dan wilayah teritorial Kodim 0624 yang terdiri dari 31 kecamatan dengan populasi 3,7 juta jiwa dan luas wilayah 176 ribu hektare.

Wayang Golek dengan Dalang Dadan Sunandar Sunarya di Halaman Mapolsek Majalaya, Minggu (31/12/2023) malam, Letkol Inf Hamzah menyebut dengan jumlah anggota yang hanya kurang dari 600 personil, pihaknya harus bisa mengamankan atau mem-backup kepolisian maupun pemerintah daerah di 31 kecamatan.

“Memang ini agak berat dari segi jumlah personil. Tetapi alhamdulillah, insyaallah diawal tahun 2024 nanti, kita akan meresmikan satu Koramil 2416/Pacet. Insyaallah juga, mudah-mudahan atas dukungan Pak Bupati Bandung nanti ada penambahan sampai dua Koramil lagi di tahun 2024,” ungkap Dandim di hadapan ratusan warga yang hadir.

Dandim pun memohon dukungan dari masyarakat Kabupaten Bandung, karena bagaimana pun kata dia, TNI khususnya Kodam III/Siliwangi ingin menjadi bagian dari rakyat Jawa Barat khususnya Kabupaten Bandung, dan rakyat Kabupaten Bandung adalah bagian Kodam Siliwangi.

Di akhir tahun 2023 ini, saya juga memohon maaf apabila selama bertugas di Kodim 0624, baik itu anggota di lapangan, para Danramil dan Babinsa ternyata belum sesuai ekspektasi yang diharapkan dalam melayani masyarakat Kabupaten Bandung,” ucap Hamzah.

Penambahan jumlah Koramil dari Kodim 0624 ini didukung penuh Bupati Bandung Dadang Supriatna. Menurut Bupati Bandung penambahan jumlah Koramil juga penting untuk peningkatan status Kodim 0624/Kabupaten Bandung dari Tipe B saat ini menjadi Tipe A.


Kodim 0624 yang membawahi 15 Koramil, dirasa masih kurang. Saya mengusulkan melalui DPRD Kabupaten Bandung, untuk dibentuk lagi koramil-koramil, sehingga dapat hadir di setiap kecamatan yang ada,s sekaligus juga akan mengusulkan agar Kodim 0624 ini naik status dari type B ke type A,” ucap bupati beberapa waktu lalu.

(Asep k)