20 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Kopasgat Pamtas RI-PNG Kewilayahan Berhasil Evakuasi Korban Pesawat Sam Air PK SMW Yang Mengalami Accident Di Mabualam Kab. Yalimo

PBN,,,PAPUA. MAKO KOPASGAT – Pesawat Sam Air PK SMW yang dipiloti oleh Kapten Hari Permadi dan levi Murib sebagai Co Pilot mengalami Lost Contact Pada Jumat 23 Juni telah berhasil di Evakuasi oleh Personel CSAR (Combat Search and Rescue) dari Satgas Kopasgat bersama Tim dari Basarnas yang telah melewati 4 hari proses evakuasi dengan menggunakan Helikopter Caracal EC-725 HT-7201 TNI AU. Selasa (27/06/2023).

Di hadapkan dengan Medan Hutan yang lebat serta tebing yang terjal dengan kemiringan 80° s.d 90° dan kondisi cuaca yang cepat berubah diantaranya sangat cepat turun hujan dan berkabut serta lokasi jatuhnya pesawat rawan terjadi longsong sehingga menyulitkan tim melaksanakan pencarian pada titik jatuhnya pesawat Sam Air PK SMW di Mabualam Kab. Yalimo,namun pada hari ke 4 proses pencarian dan evakuasi korban kecelakaan berhasil ditemukan oleh personel Satgas Kopasgat bersama Tim dari Basarnas Pada Pukul 11.25 WIT.

dari data manifest terdapat 4 orang penumpang itu adalah Bartolonius, Ebeth, Dormina, dan Kilimputni dipiloti Kapten Hari Permadi dan kopilot Levi Murib 6 orang tersebut Meninggal Dunia. dengan dihadapkan medan sangat terjal dan tidak terdapat lokasi yang datar untuk pendaratan Heli sehingga korban tersebut dievakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat dengan teknik Hoist menggunakan Helikopter Caracal EC-725 HT-7201 TNI AU menuju Bandar Udara Wamena.

Dansatgas Kopasgat Letkol Pas Efendi Hermawan, M.Han yan berada langsung Pada proses evakuasi terus memberikan arahan kepada personel yang melaksanakan evakuasi untuk tetap berusaha dalam melaksanakan evakuasi korban walau dengan kondisi medan yang sangat curam dan cuaca yang tidak menentu dengan tidak menurunkan kewaspadaan pada saat proses evakuasi dilokasi jatuhnya Pesawat Sam Air. penkopasgat

Setiawan