14 Juli, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Kegiatan kerja Bakti Membersihkan Gorong-gorong di Lingkungan RW 03 Gg Selamet 1 Kelurahan Bbk.Surabaya

Kota Bandung.Panca Buana News.com.
Kasi Ekbang Heri yang mewakili Lurah Babakan Surabaya Heri Heryaadi Gang Selamet 1 RW 03 yang terdiri dari RT 1,2,3,4, dan 8 kerja bakti membersihkan gorong-gorong dan saluran air di sepanjang jalan Gang Selamet 1, Minggu (15/01/2024) Pagi.
 
Kegiatan kerja bakti kali ini berada diwilayah RW 03. Warga guyup rukun bergotong royong membersihkan gorong-gorong.
Kasi Ekbang Heryadi mengatakan, aksi bersih-bersih saluran di permukiman warga ini sebagai upaya mengatasi persoalan genangan yang dipicu saluran tersumbat.
“Sejak pagi tadi kita bersihkan bersama warga RT 1,2,3,4, dan 8,” ujar Heryadi, .

Saripudin menjelaskan, kerja bakti kali ini difokuskan pada pembersihan saluran air dan gorong-gorong dari sampah. Melalui cara demikian, saluran diharapkan dapat lebih cepat mengalirkan air dan tidak sampai memicu genangan air saat diguyur hujan.
“Target kita siang ini seluruh gorong-gorong sudah bebas dari sampah dan lumpurnya kita angkut juga,” Ungkapnya.

Ketua RW 03 Jln selamet 1 Saripudin mengatakan, pembersihan saluran air memang sudah direncanakan sebelumnya karena banyaknya tumpukan material tanah disekitar saluran air.
“Tumpukan material tanah ini dikhawatirkan akan menghambat aliran air yang dapat mengakibatkan air naik kepermukaan dan mengakibatkan banjir, apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini,” terangnya.

Oleh karenanya, ia bersama warga kompak untuk turun membersihkan gorong-gorong dan saluran air bersama-sama.
“Pihaknya akan terus mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan minimal tidak membuang sampah di sekitar sungai maupun saluran irigasi yang dapat mengganggu kelancaran aliran air,” Ungkapnya.

Kasi Ekbang Heri yang mewakili Lurah Babakan Surabaya Heri Heryaadi mengatakan, kegiatan tersebut sebagai wujud sinergitas pemerintah Kelurahan bersama masyarakat dalam mengantisipasi banjir di musim hujan.
Dengan gotong royong pekerjaan dapat selesai dengan cepat. Sekaligus menjalin silaturahmi dan kekompakan,” Ungkapnya.

“Saya harap masyarakat Lurah mengembalikan semangat gotong royong dan kerja bakti, karen

(Asepk)