19 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

HPN 2024, Bupati Dadang Supriatna Sebut Media Massa Corong Suara Rakyat

Pancabuananews.com
Kab.Bandung
Bupati Bandung Dadang Supriatna mengucapkan selamat memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 dan selamat Hari Jadi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-78.

“Semoga PWI Kabupaten Bandung semakin kuat dan terpercaya dalam menyajikan informasi-informasi berkualitas, dan mampu menjadi pilar yang berkontribusi pada pembangunan daerah,” kata Bupati Dadang Supriatna dalam keterangannya pada acara penyerahan Bansos kepada masyarakat dalam rangka memperingati HPN tahun 2024 dan hari jadi PWI ke-78 di GOR Futsal Desa Indragiri Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Rabu (21/2/2024).

Bupati Bandung mengatakan di era globalisasi saat ini tentunya disepakati, bahwa pers mempunyai peran yang sangat dinamis.

“Insan pers bisa menjadi lokomotif informasi dalam mencerdaskan, mengedukasi, menginspirasi dan mempersuasif masyarakat,” tutur Dadang Supriatna.

Bupati Bedas ini mengatakan bahwa pers sebagai media massa yang juga sebagai corong suara rakyat.

“Diharapkan dapat menyuguhkan informasi yang layak, berimbang, dan mudah dipahami, juga menjadi kontrol sosial masyarakat yang bisa dipertangungjawabkan,” tuturnya.

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna menyebutkan bahwa pers juga sebagai mitra kerja pemerintah daerah mempunyai peran penting dalam keberhasilan pembangunan.

“Pers bisa membantu membagikan informasi mengenai program-program pembangunan di Kabupaten Bandung, baik yang sudah, sedang ataupun yang akan dilaksanakan,” tuturnya.

Maka dari itu, imbuh Kang DS, melalui momentum ini mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan insan pers di Kabupaten Bandung.

“Terima kasih atas kontribusinya yang telah diberikan, terutama dalam memberikan informasi yang berimbang dalam rangka mewujudkan pembangunan di Kabupaten Bandung,” ucapnya.

Kang DS pun turut memberikan apresiasi kepada PWI Kabupaten Bandung, atas digelarnya acara bakti sosial hari ini dengan penyerahan 1000 paket sembako kepada masyarakat penerima manfaat.

Pemberian bantuan sosial tersebut, diharapkan orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini juga bisa meringankan beban masyarakat juga sebagai upaya menekan harga beras yang saat ini sedang mengalami kenaikan akibat terdampak el nino.

“Tentunya penyerahan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Bandung kepada PWI. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan baik,” tutur Kang DS.

Bupati Bandung mengucapkan terima kasih kepada jajaran insan pers Kabupaten Bandung yang telah ikut berperan dalam menjaga, mengawal, sekaligus menyukseskan perhelatan akbar Pemilu 2024.

“Hal yang menggembirakan di Kabupaten Bandung, tingkat partisipasi masyarakat mencapai lebih dari 80 persen. Ini membuktikan kalau masyarakat Kabupaten Bandung peduli dengan proses demokrasi,” katanya.

Menurutnya, peran pers tidak kalah penting dalam turut serta mengawal Pemilu 2024 berjalan lancar, aman dan kondusif. Sebagai pilar demokrasi, ia mengatakan, pers dihadapkan dapat terus mendorong terwujudnya demokrasi berkualitas, memberikan penghargaan tinggi dan paripurna kepada harkat dan martabat rakyat pemilik kedaulatan hakiki.

“Ini membutuhkan pers yang sehat dengan kebebasan yang bertangungjawab sebagai instrumen implementasinya. Kemerdekaan pers menjadi hal utama bagi pers agar bisa menjalankan fungsi dasarnya, termasuk dalam konteks pemilu, terutama fungsi pengawasan sosial, sosialisasi dan korelasi sosial,” tuturnya.

Kang DS menyebutkan bahwa Pemkab Bandung telah menerima penghargaan pada acara puncak peringatan HPN tahun 2024 yang digelar di Ecovention Hall Jakarta, Selasa (20/2/2023).

“Penghargaan ini dengan kategori anugerah bidang budaya,” ujarnya.

Ia mengatakan anugerah tersebut diberikan karena Kabupaten Bandung sebagai daerah yang memiliki potensi dalam warisan budaya yang beragam.

“Salah satunya adalah kesenian rakyat badawang. Tentunya penghargaan ini harus menjadi motivasi kita bersama untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik,” ujar Kang DS.

Melalui agenda ini, Bupati Bandung berharap selain menjadi wahana silaturahmi insan pers bersama pemerintah, juga agenda ini bisa menjadi momentum penting dalam menguatkan sinergitas untuk mewujudkan Kabupaten Bandung semakin BEDAS (Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera).

“Saya berpesan agar rekan-rekan bisa memaknai tema dari peringatan HPN 2024 ini yaitu mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa. Semoga insan pers dapat menjadi pengawal transisi kepemimpinan nasional yang demokratis untuk menjaga keutuhan bangsa,” ujarnya.

( Red )