20 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Hajat Lembur Kecamatan Cimenyan Wujud Syukur

PBN,,,,Kab.Bandung Sebagai wujud syukur kehadirat Illahi Rabbi serta dalam upaya menjaga dan melestarikan budaya. Kearifan lokal Milangkala Hajat Lembur Desa Cimenyan digelar Kampoeng Bamboo Dusun 2 Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Kamis 16 Februari 2023

Kades (Kuwu)Cimenyan Supratman Taryana Spd.i mengatakan, tujuan dilaksanakan acara tersebut. Untuk melestarikan nilai budaya sebagai kearifan lokal yang perlu diperkenalkan dan diketahui oleh generasi muda. Dengan harapan jangan sampai hajat lembur tersebut terkikis habis dimakan jaman.

“Selain sebagai wujud syukur kepada Allah SWT merupakan sebagai upaya melesetarikan warisan leluhur dan mempertahankan memperkenalkan seni budaya serta kearifan lokal kepada generasi muda,” ujarnya.

Lebih jauh Supratman menegaskan, hajat lembur selain bertujuan melestraikan budaya juga membangkitkan jiwa seni para warganya. Bahkan di Desa Cimenyan kegiatan seperti ini dilaksanakan hampir setiap tahun meski secara sederhana.

“Hajat lembur di Dusun 2 Desa Cimenyan ini adalah rangkaian kebiasaan yang diperingati tiap tahun. Dan tahun ini diawali dengan pagelaran seni sebagai edukasi bagi masyarakat untuk terus melestarikan kearifan lokal,” kata Supratman.

Sementara itu Camat Cimenyan, yang diwakili Kasi Tantib Dahlan Spd. Dahlan mengaku mendukung kegiatan hajat Lembur Desa Cimenyan. Karena sangat mengandung makna Hablum minallah dan hablum minanas (Hubungan dengan Allah SWT dan hubungan dengan sesama manusia). Yang perlu diketahui oleh warga, karena seni budaya banyak yang sejalan dengan ajaran Islam.

“Semoga apa yang dilaksanakan oleh Imam Sutanto SE ketua panitia Hajat Lembur. Cimenyan dan warga dapat membawa perubahan mempererat tali silaturahmi dan menjadikan berkah bagi warga masyarakat,” ucapnya

(Asepk/iin)