20 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

GOES TO MOSQUE “ PENDAMPINGAN PENGGUNAAN SiKeMas (SISTEM INFORMASI ARUS KEUANGAN MASJID)” PADA DKM NURUL HUDA MOH TOHA BANDUNG

PBN,,,Jabar

Saat ini penggunaan teknologi informasi tidak hanya digunakan dalam usaha bisnis yang menghasilkan keuntungan saja, namun sudah merambah ke kegiatan sosial kemasyarakatan tidak terkecuali pada Dewan Kemakmuran Masjid. SiKeMas merupakan aplikasi untuk mengelola arus keuangan masjid yang terdiri dari fasilitas untuk pengelolaan data zakat antara lain zakat fitrah, zakat dagang dan zakat penghasilan, pengelolaan infaq dan shadaqoh. SiKeMas merupakan program aplikasi hasil penelitian yang didanai DP3M UNIKOM anggaran penelitian tahun 2022 untuk pelaksanaan di tahun 2023, yang diketuai dosen Prodi Manajemen Informatika (MI) Diana Effendi, S.T., M.T dan beranggotakan dosen Prodi Sistem Informasi (SI) Rani Puspita Dhaniawaty, S.Kom, M.Kom dan Mia Fitriawati, S.Kom, M.Kom dengan melibatkan mahasiswa Prodi MI Farhardika Azka Sajidan, mahasiswa Prodi SI Ramdan Nugraha dan Muhammad Yasir Mumtaz.

Hasil penelitian ini diimplementasikan melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada DKM Mesjid Nurul Huda, Mohamad Toha Kota Bandung pada tanggal 10 Juni 2023 yang didanai oleh DP2m UNIKOM anggaran tahun 2023, dengan tim pelaksana untuk pengelolaan zakat diketuai Diana Effendi, S.T., M.T, dengan melibatkan mahasiswa Prodi MI Delviola Cancerina, dan mahasiswa Prodi SI Ramdan Nugraha. Sedangkan untuk pengelolaan infaq dan shadaqoh diketuai oleh Rani Puspita Dhaniawaty, S.Kom., M.Kom dengan melibatkan mahasiswa Prodi SI Zidni Nur Hamdan dan mahasiswa Prodi MI Tedi Nugraha Resi Fauzi.

Menurut ketua DKM Nurul Huda Dani nugraha berkata, “saya mewakili DKM masjid Nurul Huda menyambut baik, sangat antusias sekali dengan kegiatan PKM seperti ini, sangat diperlukan di DKM masjid guna membantu kelancaran kegiatan masjid dan mengenalkan penggunaan IT di lingkungan masjid, sehingga stigma pengurus masjid yang tidak tahu IT tergeser. Jadi kami mengharapkan kegiatan penelitian maupun PKM yang melibatkan masjid diharapkan diadakan kembali di tahun-tahun mendatang”.

Pihak UNIKOM merespon hal tersebut, dengan menganggarkan kembali penelitian terkait penggunaan IT di masjid untuk tahun selanjutnya. Dari hasil PKM ini, peserta PKM terbantu lebih mudah dan cepat dalam melakukan pengelolaan zakat dari proses penerimaan zakat, pendistribusian zakat dan pembuatan laporan zakat dengan akurat. Begitu pula dengan pengelolaan infaq dan shadaqoh peserta PKM terbantu dengan menggunakan aplikasi SiKeMas.Tuturnya

(Zoen)