14 Juli, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Gelar Silaturahmi SE Jawa Barat DPC IJP Tour Ke Pangandaran

PBN,,,Pangandaran

Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Jurnalis Pajajaran (IJP) Kabupaten Bandung, menggelar Silaturahmi Akbar Wartawan Se-Jawa Barat dalam rangka Meningkatkan Kapasitas dan sinergitas Organisasi Profesi Wartawan Jawa Barat. Berlangsung di Pantai Pangandaran. Sabtu (27/8/23)

Hadir dalam Silaturahmi Akbar tersebut, Bupati Bandung, yang diwakili Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bandung, Sandi Apriatna, Ketua Umum DPP IJP, H. Wawan Iwapa,
Perwakilan PWI Kabupaten Bandung, Ketua Aliansi Jurnalis Independen Kota Bandung, Bung Ari, Ketua IKWI Jabar, Irma, Jajaran Keluarga Besar Ikatan Jurnalis Pajajaran dan wartawan dari berbagai media Kabupaten Bandung.

Ketua DPC IJP Kabupaten Bandung Agus Supriadi, dalam sambutanya menyampaikan Apresiasi kepada Bupati Bandung, Dr. HM. Dadang Supriatna, yang telah mensupport terlaksananya silaturahmi Akbar Wartawan Se-Jabar yang diselenggarakan DPC IJP Kabupaten Bandung. Ungkapnya.

Adapun tujuan silatutahmi Akbar ini, lanjut Agus Supriadi, antara lain adalah untuk meningkatakan silaturahmi para wartawan dalam mendekatkan emosi dan sinersinergi jajaran organisasi wartawan di kabupaten Bandung hususnya dan Jawa Barat pada umumnya dalam meningkatkan performa wartawan kabupaten yang diharapkan ada kesamaan pemahaman atau persepsi dan interpretasi dalam peningkatan sumberdaya wartawan yang profesional. Harapnya.

Sementara, Perwakilan PWI Kabupaten Bandung, Om Bas, dalam sambutanya menyampaikan, Konstitusi mengatur dalam Undang Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers, yang mecantumkan tidak ada kewajiban wartawan untuk masuk ke salah satu organisasi kewartawanan, yang dalam arti semua wartawan berkedudukan yang sama dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wartawan yang notabene bentuk daripada kedaulatan rakyat. Tutur Ombas.

Hal senada disampaikan Ketua Aliansi Jurnalis Independen Kota Bandung, Bung Ari, dalam sambutanya, Ia menyampaikan tidak boleh ada diskriminasi terhadap organisasi kewartawanan, karena profesi wartawan merupakab profesi peradaban dalam memperjuangkan hak informasi publik. Katanya.

Dalam perjalanan dinamika kebebasan jurnalistik di Indonesia, organisasi kewartawanan hendaknya menjadi wadah wartawan yang mempunyai spirit yang sama untuk meningkatkan kualitas jurnalistiknya dan menjaga kapasitas karya beritanya.
Kanjut. Ari.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IJP, H. Wawan Iwapa, dalam sambutanya menyampaikan terimaksaih dan kebanggaanya kepada DPC kabupaten Bandung yan sudah sukses menyelenggarakan acara Silaturahmi Akbar Wartawan Se-Jawa Barat di Pangandaran, tentunya merupakan prestasi tersendiri buat jajaran pengurus DPC IJP Kabupaten Bandung. Ucapnya.

Wawan Iwapa menuturkan, IJP lahir dalam rangka mengikat dan meningkatkan silaturahmi wartawan kabupaten Bandung hususnya dan dalam rangka menjaga keberimbangan informasi pemerintah Kabupaten Bandung dengan masyarakatnya dalam bentuk berita dan kritik konstruktif yang menjadi tugas pokok dan fungsi jurnalistik. Ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kabid IKP Diskominfo, Sandi Apriatna, yang mewakili Pemkab Bandung dalam sambutanya menyampaikan permohonan maaf pak Bupati Bandung dan Kadiskominfo kabupaten Bandung yang berhalangan hadir pada acara silaturahmi Akbar wartawan yang diselenggarakan DPC IJP Kabupaten Bandung karena berbarengan denga tugas lain. Katanya.

Sandi mengatakan, sangat mendukung spirit organisasi wartawan dalam hal ini IJP, yang telah berperan aktif menjaga silaturahni dalam rangka menyamakan persepsi dan interpretasi tugas d an fungsi Pers, yang dalam hal ini menjadi mitra dalam tugas kehumasan di pemkab Bandung, dan dengan hadirnya kami di acara ini, merupakan salah satu bentuk atensi kami kepada organisasi kewartawanan, dengan harapan, dapat sejalan dengan program pemkab Bandung dengan misi Bedasnya.
Harap Sandi.

Setiawan