18 Juni, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

DKM Darusyukur Membantu Warga Kurang Mampu Dengan “Khitanan Massal Gratis

Pancabuananews.com
BANDUNG
Kepedulian DKM Darusyukur dan Rumah Zakat kepada keluarga tidak mampu yaitu melaksanakan Khitanan massal yang di ikuti oleh 38 anak, yang bertujuan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang layak bagi anak-anak.

Kegiatan khitanan massal ini dilaksanakan di Mushola Darusyukur Pasar Cangkring RT 04 RW 01 Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung, 28 Mei 2024.

Selain Khitanan Massal gratis mereka juga akan mendapatkan fasilitas seperti uang transport, peralatan sekolah, makan dan snack juga akan mendapatkan doorprize untuk yang beruntung.

Acara yang di hadiri oleh Ketua RW 01 Rachmat Suhendar selaku pelaksana kegiatan., Kecamatan Babakan Ciparay yang di wakili oleh H. Asep Haliyana Kasi Pemberdayaan Masyarakat.,Oim Komarudin Ketua MUI Kelurahan Babakan., Encang Sukirman Kepala kantor Perwakilan Rumah Zakat Jawa Barat, Ketua PPKSA Rohman., H. Cahya Abdul Fatah.,Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, dan di sponsori oleh Rumah Zakat, DKM Darusyukur, Edisi RW 01, Sunda Pride!(HeryysMitH).,Kedai Ca’ Angkring.

Ketua Panitia Khitanan Massal Rachmat Suhendar dalam keterangannya menyatakan,” Dalam Khitanan Massal ini dengan target 40 peserta yang sudah mendaftar dan pada realisasinya di akhir ada yang mengundurkan diri 2 orang jadi total sebanyak 38 peserta,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan khitanan massal ini kita hanya mempersiapkan segala sesuatunya hanya waktu hanya 5 hari dari awal sampai akhir yaitu proses kegiatan yaitu di sunat,” sangat luar biasa Rachmat.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan Rumah zakat sebagai konsepsi dan kita juga bekerjasama dwngan beberapa donatur diantaranya dari Sunda pride di bawah naungannya Kang Herry Smith kemudian juga dari kedai Ca’ angkring dan beberapa donatur di kemasyarakatan,” imbuhnya.

Dan pada intinya yang pertama, kita bisa membantu warga masyarakat terutama masyarakat yang Berkeinginan, namun belum terlaksana karena keadaan finansial mereka satu itu. Kemudian yang kedua, kita berharap anak-anak yang kita khitan ini tidak menjadi sasaran bullying di masyarakat terutama di rekan-rekannya. Konon kita sering mendengarkan anak yang belum di sunat dia sering di-bully, dan mudah-mudahan dengan dengan kegiatan khitanan massal yang kita selenggarakan ini wujud dan mimpi kita menjadikan anak-anak sehat terutama di antaranya baik sehat lahirnya, maupun secara batiniah.” Tandasnya.

Ditempat yang sama dari Kecamatan Babakan yang di wakili oleh H. Asep Haliyana selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Saya mewakili Bapa Camat yang tidak bisa hadir, kami sangat mensuport dan mengapresiasi kepada Pak RW 01 Rachmat Sukendar sungguh luar biasa dalam hal pemberdayaan di masyarakatnya bahwa ternyata kepercayaan terhadap RW 01 itu nomor satu dalam hal pemberdayaan di masyarakat terutama menyangkut dengan khitanan ini sangat solid dalam koordinasi dan komunikasinya selalu terjalin,” ucapnya.

Diacara yang sama dari Rumah Zakat yang diwakili oleh Encang Sukirman selaku Kepala Perwakilan Jawa Barat yang berkantor di Jalan Turangga Nomor 33 Kota Bandung dalam keterangannya,” Rumah Zakat sebagai lembaga Amil Zakat Nasional yaitu dari Aceh sampai Papua, dari 34 pelayanan di Bandung ini khususnya dan di tahun ini menyelenggarakan khitanan massal di beberapa titik.

Minggu kemarin kita telah melaksanakan di wilayah Cimahi dan sekarang kita di kota bandung yang berkolaborasi dengan berbagai pihak yaitu ketua RW 01 Kelurahan Babakan, kecamatan Babakan Ciparay

Kegiatan yang dibantu oleh Rumah Zakat itu berdasarkan pengajuan dan apa kategorinya itulah yang akan dibantu dan seperti ini yaitu kegiatan khitanan massal salah satu dalam bidang kesehatan bagi masyarakat,” kata Encang.

Lanjut Encang Rumah Zakat sudut pandangnya ada dua, yang pertama kita memang punya titik-titik daerah pemberdayaan dan di sana ada badan amil khusunya di Bandung dan kedua yaitu aspirasi untuk melakukan pendataan antara kegiatan apa dan kebutuhan apa untuk kegiatan bagi warga masyarakat nanti di ajukan ke rumah zakat.

Seperti kegiatan hari ini yaitu bidang kesehatan yang sedang dilaksanakan dan untuk kedepannya ada program lainnya seperti santunan, bantuan modal usaha dan yang lainnya,” jelasnya.

Diakhir keterangan dari Ketua MUI Kelurahan Babakan Kecamatan Babakan Ciparay Oim Komarudin,” saya mengucapkan syukur alhamdulillah wabil khusus ketua RW 01 Bapak Rachmat sukendar yang sudah memberikan satu kegiatan yang sangat bermanfaat dan kegiatan khitanan ini adalah merupakan suatu kegiatan yang bersifat sunnah para nabi dan juga perintah dari Allah subhanahu wa ta’ala yang hukumnya menurut Islam adalah wajib.

Sangat mendukung dan memberikan motivasi kepada bapak ketua RW dalam pelaksanaannya adalah bekerjasama dengan Rumah Zakat mudah-mudahan hal ini bisa berjalan bukan hanya untuk satu kali ini saja tetapi akan terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan dan program-program lainya dalam membantu warga masyarakat yang tidak mampu,” pungkas Ketua MIU.

(Red)