17 Juli, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

DANKOPASGAT MENYASIKAN UNJUK KEMAMPUAN KOMCAD

PBN,,,KAB.BANDUNG-MAKO KOPASGAT. Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin memimpin Upacara Penetapan Komponen Cadangan tahun 2022 yang berlangsung di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Dalam upacara tersebut, Bapak Ma’ruf Amin didampingi oleh Menteri Pertahanan RI Bapak Prabowo Subianto.

Bapak Wapres RI menyampaikan dalam amanatnya bahwa Komponen Cadangan merupakan upaya antisipatif untuk menghadapi ancaman dan gangguan kehidupan bangsa. Komponen Cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat sekaligus champions di berbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan pada Tanah Air.

Turut hadir dalam penetapan Komcad tersebut para Kepala Staf Tiga Matra TNI yakni, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A. Selain itu hadir pula Dankor Brimob Polri Komjen Pol Drs. Anang Revandoko, M.I.Kom., Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI H. Iwan Setiawan, S.E., M.M., Komandan Kopasgat Marsekal Muda TNI Taspin Hasan S.A.P., M.Si., Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto para Pejabat TNI Polri dan para Atase Pertahanan Negara Sahabat.

Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh bapak Wapres RI yang didampingi Menhan Prabowo Subianto. Kemudian penyampaian laporan terkait pelaksanaan Pembentukan Komponen Cadangan TNI TA. 2022 oleh Bapak Menhan RI, yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945, Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Setelah itu, dilanjutkan pernyataan resmi Bapak Wapres RI dan penyerahan Tunggul Satuan Komponen Cadangan kepada tiap-tiap Komandan Batalyon.

Setelah upacara selesai, para pasukan Komcad menunjukkan atraksi kemampuan yang selama ini telah dilatihkan diantaranya; kolone senapan, bongkar pasang senjata dengan mata tertutup, bela diri militer, demonstrasi pemecahan dan pematahan benda keras, senam balok, halang rintang dan demo sparko Komcad.

Selain Upacara Penetapan Komcad, ditampilkan juga pameran industri pertahanan dalam negeri yang menampilkan produk-produk anak bangsa yang digunakan oleh TNI-Polri, termasuk Komcad.

Upacara Penetapan Komponen Cadangan TNI tahun 2022 ini diikuti sebanyak 2.974 orang dibagi menjadi lima batalion yang dilatih di masing-masing matra, yaitu Matra Darat 450 orang di Rindam II/Sriwijaya, 500 orang di Rindam VI/Mulawarman, dan 500 orang di Rindam XIV/Hasanuddin.

Kemudian, 499 orang Matra Laut di Kodikmar TNI AL Surabaya serta 500 orang Matra Udara di Pusdiklat Kopasgat TNI AU, Bandung. Selain itu, 50 orang di latih di Pusdik Kowad TNI AD dan 475 orang Kadet Unhan di Unhan RI. penmakopasgat. Bandung 08//09//2022 (Setiawan)