20 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Cibiru Wetan Masuk Lima Besar Lomba Desa Tingkat Nasional

Cibiru Wetan Masuk Lima Besar Lomba Desa Tingkat Nasional

Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi berhasil masuk lima besar Lomba Desa Tingkat Nasional untuk Wilayah Jawa – Bali yang digelar Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Dengan potensi yang dimiliki, Bupati Bandung Dadang Supriatna yakin Cibiru Wetan dapat menjuarai Lomba Desa tahun 2022.

“Juni lalu, KPK menetapkan Desa Cibiru Wetan menjadi salah satu dari 10 Percontohan Desa Antikorupsi se-Indonesia. Dengan melihat potensi yang ada, insya Allah kami yakin bisa menjadi juara Regional Jawa – Bali,” ungkap bupati di sela acara Pemaparan Lomba Desa Tingkat Regional Tahun 2022 di Ruang Nawasena Dirjen Bina Pemdes – Kemendagri, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Tak hanya itu, Desa Cibiru Wetan juga memiliki sejumlah inovasi unggulan, yakni penerapan digitalisasi pelayanan dengan Aplikasi Simpel Desa, Mesin ADM, Bale Desa, membentuk kawasan desa dan kerja sama antar desa secara digital, inovasi Sakola Desa, pengembangan wisata edukasi, perkembangan BUMDes Mawar Raharja, kegiatan pemberdayaan masyarakat, kegiatan perlindungan sosial serta inovasi lainnya.

Bupati yang akrab disapa Kang DS itu mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa Cibiru Wetan dan jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bandung serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah membina hingga tahap ini.

“Tentunya ini perjuangan yang sangat luar biasa. Saya sangat mengapresiasi hingga bisa menjadi lima besar di tingkat regional,” ujar Kang DS.

Dirinya berharap, lomba tersebut dapat memberikan motivasi bagi masyarakat Desa Cibiru Wetan untuk terus mengembangkan potensi daerahnya dengan swadaya masyarakat.

“Kami berharap capaian ini bisa menjadi motivasi dan mendidik masyarakat desa khususnya di Cibiru Wetan, agar terpicu dan terpacu semangatnya untuk membangun desa berbasis pengembangan prakarsa dan swadaya gotong-royong masyarakat pedesaan yang tumbuh dari bawah,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat Dicky Saromi juga mengapresiasi Desa Cibiru Wetan yang terus melenggang ke tahap nasional.

“Untuk menjadi juara tingkat Provinsi Jabar bukan hal yang mudah, namun Desa Cibiru Wetan asal Kabupaten Bandung ini mampu melakukannya. Dan biasanya jika sudah juara tingkat provinsi pasti akan melaju ke tahap selanjutnya,” terang Dicky.

Dalam tahap pemaparan lomba desa tingkat nasional regional II, Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung akan bersaing dengan Desa Pleret Kecamatan Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul, Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, Desa Bandung Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang, Desa Punggul Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung.