22 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Bupati Bandung Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian JPT 2021

PBN,,kab,Bandung

Bupati Bandung H.M Dadang Supriatna kembali menerima penghargaan dari KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) berupa penganugerahan Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) tahun 2021 dengan kategori baik yang dilaksanakan di Hotel Royal Ambarukmo Jogjakarta, kamis (6/10/22) .
“Alhamdulilah hari ini (Kamis) saya menerima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian JPT 2021.
Penghargaan atas keberhasilan menerapkan sistem merit dalam pengisian JPT tahun 2021 dengan kategori baik yang diterima dari KASN,” kata Dadang Supriatna dalam keterangannya yang dibagikan melalui media sosial.

Dengan diterimanya penghargaan tersebut, Bupati Dadang Supriatna berharap para ASN di Kabupaten Bandung semakin profesional dalam melaksanakan tugas dan semakin Bedas.
“ASN itu bukan harus dilayani oleh masyarakat. Namun fungsi ASN untuk melayani masyarakat mulai dari bidang pendidikan, kesehatan hingga administrasi kependudukan serta lainnya,” kata Bupati Bandung.

Sementara itu dikutip dari layar monitor utama pada mimbar tempat acara kegiatan KASN diselenggarakan diinformasikan bahwa maksud dan tujuan pemberian anugerah kualitas pengisian JPT pada giat KASN inj adalah pertama memberikan apresiasi atas prestasi instansi pemerintah yang telah berhasil menerapkan sistem merit dalam pengisian JPT sepanjang tahun 2021 dengan kategori baik dan sangat baik.
Kedua, memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah lain agar terus meningkatkan kualitas penerapan sistem merit dalam pengisian JPT sehingga dapat mencapai kategori baik dan sangat baik guna mewujudkan JPT yang berkualitas dan maksud serta tujuan lainnya.

Dalam kegiatan ini pihak KASN sebagai penyelenggara menyampaikan berbagai dimensi penilaian kualitas pengisian JPT di instansi pemerintah. Yakni, dimensi perencanaan pengisian JPT, dimensi pelaksanaan pengisian JPT, dimensi pelaporan pengisian JPT, dimensi inovasi manajemen pengisian JPT, dimensi pelanggaran pengisian JPT.
Disampaikan pula, jumlah instansi pemerintah penerima anugerah kualitas pengisian JPT. Total instansi penerima penghargaan 82 instansi (14 instansi sangat baik, 68 instansi baik) termasuk didalamnya Pemerintah Kabupaten Bandung.

Pada layar monitor utama dalam kegiatan penyerahan penghargaan ini, Presiden Joko Widodo secara daring jmemberikan arahan tentang reformasi birokrasi. Pertama, birokrasi yang berdampak, kedua reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas, birokrasi lincah dan cepat.
Sementara itu, Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan sambutannya mengatakan, KASN dan jajaran pemerintah agar mendesain strategi nasional yang terpadu untuk menciptakan dan memperkuat fungsi ASN sebagai perekat dan pemersatu dalam ikatan kebangsaan.
Ma’ruf Amin juga mengatakan, KASN perlu memperkuat peran pengawasan sistem merit di era demokrasi.
“Prinsip netralitas dan profesional harus menjadi platform bersama bagi pengambil kebijakan di pusat dan daerah. Disinilah pentingnya peran KASN dalam menjaga relasi birokrasi dan visi kepemimpinan sesuai dengan prinsip meritokrasi,” katanya.
“Kiranya kita membangun wajah birokrasi yang mendukung agenda transformasi Indonesia Emas 2045,” katanya.
Sebagai penutup sambutannya, Ma’ruf Amin mengapresiasi KASN yang telah menyelenggarakan acara ini sebagai momentum pendorong akselerasi dan evaluasi untuk mewujudkan SDM ASN kelas dunia.

(Ak)