14 Juli, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna lantik pengurus Karang Taruna Kabupaten Bandung masa Bhakti tahun 2023-2028 di Gedong Budaya Soreang

PBN,,,Kab.Bandung

Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna lantik pengurus Karang Taruna Kabupaten Bandung masa Bhakti tahun 2023-2028 di Gedong Budaya Soreang, Selasa (28/3/23). Pada pelantikan itu mengusung tema “Bangkit bersama mengawal pembangunan kesejahteraan sosial Kabupaten Bandung yang semakin Bedas”.
Bupati Dadang Supriatna mengatakan bahwa karang taruna sebagai organisasi sosial dan juga mitra strategis pemerintah daerah Kabupaten Bandung. “Tidak ada alasan untuk tidak mendorong dan membantu, sehingga saya tunggu jadwal dan rencana kerja Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bandung. Supaya bisa disinergiskan dengan dinas terkait,” kata Dadang kepada wartawan usai pelantikan.
Bupati Bandung juga berharap kepada para pemuda karang taruna tak banyak bicara, tapi banyak kerja.
“Karang Taruna merupakan mitra strategis Dinas Sosial Kabupaten Bandung, dan harus bersama-sama dengan Dinas Sosial dan harus bersama-sama dalam melakukan berbagai langkah dan kegiatan sosial,” kata Dadang.
Bupati Bandung menegaskan tidak ada alasan karang taruna untuk berleha-leha. “Segera berkarya dan merencanakan program kerja. Kegiatan sosial karang taruna berorientasi sosial dan tak profit. Karang taruna organisasi nonprofit,” katanya.
Bupati Bandung pun berharap kepada pemuda karang taruna membantu pemerintah, mengingat Kabupaten Bandung merupakan kawasan rawan bencana.
Setiap kali terjadi bencana, warga menginformasikan kejadian itu melalui media sosial.
Dadang Supriatna pun siap mensuport keberlangsungan dan kelangsungan karang taruna Kabupaten Bandung.
Di hadapan para pemuda karang taruna, Dadang mengatakan bahwa pihaknya akan membangun gedung pemuda yang dipusatkan di Si Jalak Harupat, selain di tempat itu ada sarana untuk Kormi, Pramuka, dan lainnya.
Dadang juga meminta kepada para pemuda untuk memantau kondisi kehidupan warga sekitar, terutama bagi warga yang belum punya beras.
“Jangan sampai ada warga yang tak masak atau tak makan. Karang taruna harus membantu masyarakat yang membutuhkan,” katanya.
Ia mengungkapkan bahwa karang taruna merupakan generasi muda yang memiliki peranan sentral dalam kegiatan sosial.
“Penting, hadirnya karang taruna dalam kegiatan sosial,” katanya.

Bupati Bandung juga berharap kepada para pemuda karang taruna untuk mengawal perkembangan yang terjadi di lapangan, menyusul saat ini memasuki tahun politik.
“Karang taruna tak politik praktis. Tapi, punya pilihan silahkan. Saya titip sukseskan Pemilu 2024,” katanya.
Menurutnya, pesta demokrasi digelar setiap lima tahun sekali. Untuk itu, ia berharap kepada para pemuda karang taruna untuk menyampaikan pendidikan politik kepada masyarakat.
Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bandung Ruli Yuliana mengaku bersyukur bisa melaksanakan pelantikan pengurus karang taruna Kabupaten Bandung, setelah sebelumnya melewati proses panjang sehingga dilaksanakan pelantikan ini.
“Ini menjadi semangat baru. Saya berharap pengurus baru bisa membuktikan organisasi sosial bisa berjalan baik,” kata Ruli.
Menurutnya, semangat juang karang taruna adalah semangat juang sosial. “Tidak ada kata lain. Saat ini masyarakat menanti apa yang bisa dilakukan oleh karang taruna,” katanya
Ia juga mengajak kepada para pengurus karang taruna maupun para pemuda karang taruna untuk bersama-sama dengan pemerintah dalam upaya membantu berbagai program pemerintah.
Ruli juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung dan para pihak sehingga pelantikan bisa dilaksanakan. “Bahwa karang taruna sebagai organisasi sosial pun tak mau jadi anak emas, apalagi dimanjakan,” katanya.
Ruli juga mengajak kepada para pemuda karang taruna untuk membantu program Bupati Bandung, para camat dan kades dalam berbagai kegiatan sosial di tengah-tengah masyarakat.

(Asep.K)