21 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Bupati Bandung Dr. H. M. Dadang Supriatna, S.I.P., M.Si Menghadiri Muhasabah Cinta di Masjid Darrul Barokah

Pancabuananews.com
Kabupaten Bandung, telah dilaksanakan kegiatan Muhasabah Cinta 999 dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1445 H, Selaku penanggung jawab kegiatan Dr. H. Abdul Harris Bobihoe, MS. (Ketua DKM Masjid Daarul Barokah).Pada hari Sabtu tanggal 09 Maret 2024 sekira pukul 20.40 s/d 22.20 Wib Bertempat di Masjid Daarul Barokah Komplek Taman Melati Jl. Pasirimpun Rt.01 Rw.14 Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Bupati Bandung Dr. H. M. Dadang Supriatna, S.I.P., M.Si, Camat Cimenyan Sdr.Solihin S.Sos., Kepala Desa Cikadut Sdri. Listati , Ketua DKM Daarul Barokah/ Ketua Komisi V Fraksi Gerindra DPRD Prov. Jabar Dr. H. Abdul Harris Bobihoe, MS.

Dr. H. Abdul Harris Bobihoe, MS mengatakan dalam sabutanya
Muhasabah diri dalam Islam termasuk kebiasaan mulia. Melakukan muhasabah diri juga merupakan tindakan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Arti muhasabah diri dalam Islam secara sederhana adalah introspeksi diri. Namun, proses mengevaluasi diri sendiri itu mencakup dimensi duniawi sekaligus ukhrawi.

Muhasabah diri dalam Islam tidak hanya berupa evaluasi diri atas sikap ataupun tindakan terkait urusan dunia, tetapi juga hubungan seorang manusia dengan sang Khalik. Apakah segenap sikap dan tindakan kita sudah tepat dan mendapatkan ridha Allah SWT? Demikian pertanyaan yang menggambarkan sekilas contoh muhasabah diri dalam Islam.

Muhasabah secara etimologi berasal bahasa Arab. Akar kata muhasabah adalah hasaba-yahsubu-hisaaban. Artinya menghisab atau menghitung. Maka bisa disimpulkan, arti muhasabah diri menurut bahasa adalah usaha mengevaluasi, memeriksa, dan menimbang kembali segala hal yang telah, sedang, dan akan dilakukan.

Dari segi istilah, arti muhasabah diri dalam Islam adalah introspeksi dengan merenungkan lagi keselarasan antara sikap atau perbuatan dengan prinsip-prinsip syariat. Pertanyaan paling penting dalam muhasabah diri: “Apakah segala hal yang telah, sedang, atau akan dilaksanakan mendapat ridha Allah SWT dan bisa dipertanggungjawabkan pada hari akhir kelak?”ucapnya

Alhamdulilah Selama kegiatan Muhasabah Cinta 999 berlangsung, situasi aman & terkendali.

(Asep k )