22 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Bahayakan Nyawa Manusia, RSUI Harapan Anda Kota Tegal Teledor Padam Listrik Nyaris Lebih 1 Jam

Pancabuananews.com
Tegal
Menanggapi laporan pengaduan masyarakat terkait padamnya arus listrik di Rumah Sakit Umum Islam Harapan Anda Kota Tegal selama kurang lebih 1 jam pada hari Minggu (10/3/24) sekira pukul 16.00 wib. Tim awak media melakukan konfirmasi kepada pihak terkait, Selasa (12/3/24).

Pihak manajement RSUI Harapan Anda Kota Tegal melalui Sukirno didampingi Dina selaku Duty Manager menuturkan kepada awak media bahwa, padamnya listrik tersebut dikarenakan cuaca buruk yang pada saat itu melanda Kota Tegal.

“Itu karena cuaca buruk pak, jadi salah satu box panel kami tersambar petir, ” Ujarnya.

Ironisnya, Sukirno sempat mengelak bahwa durasi padam listrik di RS kurang lebih satu jam itu tidak benar. Akan tetap ketika disingkronkan dengan keterangan saksi mata di tempat (kerabat salah satu pasien) berbanding terbalik dan menyatakan sangat lama.

“Mati lampu kurang lebih satu jam, dan itu sangat jelas sangat membahayakan jiwa pasien, satu detik pun padam listrik di rumah sakit itu tidak dibenarkan dan merupakan bagian dari keteledoran manajemen. Saya juga sempat melihat saat mati lampu ada pasien sedang dilakukan pompa jantung manual tak lama kemudian meninggal dunia, “jelas narasumber. 

Lagi lagi, Pihak RSUI Harapan Anda Kota Tegal mengelak perihal tersebut. Ditambah Sukirno seakan mengkambinghitamkan PLN. 

“Alhamdulillah semua aman dan tidak ada yang dirugikan. Itu pemadaman dari pusat pak, ” Kata Sukirno. 

Berbanding terbalik lagi dengan fakta di lapangan menurut saksi yang menjadi narasumber menyatakan bahwa di lantai bawah tukang jual makanan / cafe itu masih menyala, ” Timpalnya. 

Sukirno juga mengatakan bahwa pihak RS Harapan Anda memiliki sumber listrik cadangan genset 3 unit. Namun tak dapat dibuktikan keberadaan nya. 

Tak sampai disitu, tim awak media pun meminta pengambilan gambar genset dan komponen listrik lainnya milik RS namun pihak RS Harapan Anda tidak berkenan tanpa alasan jelas, meski awak media sudah meminta pendampingan dari pihak Polsek Tegal Selatan untuk mengambil gambar atas permintaan rumah sakit yang seakan mempersulit awak media untuk melakukan pengambilan gambar. 

Hingga berita ini diterbitkan, kami masih berupaya mengkonfirmasi pihak terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Tegal untuk menindak tegas dugaan kelalaian RSUI Harapan Anda yang dimana pada hari yang sama saat awak media mengkonfirmasi terjadi lagi padam listrik sekira pukul 16.40 wib. 

Untuk diketahui, bersamaan dengan diterbitkan nya berita, kerabat saksi mata (pasien) meninggal dunia dan belum diketahui penyebab pastinya. 

(Tim)