17 Juli, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Atthalia Ridwan Kamil meresmikan “KLIK RAMAH” sebagai Pilot Project Pelayanan Perempuan dan Anak di Jawa Barat

Bandung — Dalam arahan Presiden Republik Indonesia dan kementrian PPPA Republik indonesia menyampaikan beberapa program yang menjadi sasaran utama diantaranya :

  1. Meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan usahaan.
  2. Peningkatan peran ibu dalam pendidikan anak.
  3. Penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak.
  4. Penurunan pekerjaan anak
  5. Pencegahan perkawinan anak

Sebagai penunjang semua itu memerlukan fasilitas yang memadai pula dalam menjalankan program tersebut salah satunya membuat pelayanan publik dengan terarah dan terstruktur di imbangi dengan tempat yang ramah dalam melayani masyarakat yang tetimplementasi dalam. Suatu tempat yang ramah juga. (17/11/2021).

Dr Siska gerfianti sebagai sekertaris dinas dp3akb mengimplementasikan hal tersebut dalam aksi perubahannya yang dituangkan dalam membangun ruangan yang ramah untuk pelayanan masyarakat khususnya perempuan dan anak dengan nama KLIK RAMAH atau kantor pelayanan publik ramah perempuan dan layak anak. Selama melakukan PKA 3 yang sudah diujikan serta mendapat dukungan penuh dari semua kalangan yang terlibat.

Dengan dibantu oleh stackholder serta berkolaborasi dengan pihak pihak pendukung kantor pelayanan ini bisa terwujud dengan baik yang dilouncingkannya tepat pada hari ini yang bertepatan pula dengan acara penutupan pelatihan vocationak sekoper cinta, acara lounching tersebut secara resmi dibuka oleh ibu athalia ridwan kamil sebagai bunda FAD jabar dengan menandatangani batu plakat yang sudah disediakan.

Athalia mengatakan “sangat mengapresiasi dengan terwujudnya kantor pelayanan publik yang ramah perempuan serta layak anak ini, dengan adanya KLIK RAMAH maka permasalahan permasalahan yang ada sekarang bisa ditangulangi dengan cepat berkat adanya KLIK RAMAH, selain itu juga akan menjadi pilot projek untuk semua OPD di seluruh kab kota atupun provinsi Jawa barat kedepannya” Unjarnya.

Siska terdorong untuk mengimplemrntasikan kantor dp3akb ini disulap dibagian lobby menjadi kantor pelayanan publik yang ramah perempuan dan anak berdasarkan perwujudan dari analisis yang selama ini dijalani sebagai salah satu solusi dari penyebab dan kondisi saat ini sehingga terjadi dampak kepada masyarakat dalam hal kurangnya pelayanan yang terjadi selama ini.

Siska mengungkapkan ” Tujuan dibuatnya klinik ramah ini merupakan cita-cita bersama agar orang bisa berinteraksi disini dengan menyediakan library atau perpustakaan yang bekerjasama dengan dispuspida provinsi jabar, sehingga kantor pelayanan publik ini bisa mendorong mayarakat untuk lebih terinspitatif dengan membaca buku yang disediakan” Ungkapnya.

Ada beberapa ruangan yang ada di KLIK RAMAH diantaranya ada ruangan dengan nama FAD jabar yang menyediakan beberapa buku sebagai inspiratif dan di design sedemikian rupa untuk memberikan pelayanan dan rasa nyaman. Selain itu ada pula ruangan Podcast yang berfungsi untuk melakukan siaran atau memberikan advokasi kepada masyarakat dalam program progam yang dibuat serta memberikan pengetahuan atu informasi terkini mengenai pemberdayaan perempuan dan anak yang diberi nama BERANDA.

mengapa dinamakan ramah perempuan dann layak anak?
“Dalam KLIK ramah menyediakan rasa aman untuk perempuanperempuan, respect kepada perempuan dan anak serta inklusif, oleh karena itu disediakan pula ruangan laktasi untuk ibu menyusui serta ruangan kayak anak dengan disediakan fasilitas arena bermain untuk anak” Pungkas Siska.

Inovasi inilah yang dimiliki dr Siska gerfianti dalam melakukan aksi perubahan selama melakukan PKA 3 nya dan mendapat apresiasi penuh oleh stack holder serta para kolaborator yang tergabung didalamnya. Sehingga akan dijadikan pilot projek untuk OPD lain kedepannya.(ZN)