20 April, 2024

Panca Buana News

Jendela Informasi Dunia Anda

Apih Cucun : Saya Mengapresiasi Sekali Kepada Galura Putra Sadu Yang Telah melestarikan seni Dan Budaya

Panca buana news, Kabupaten Bandung – Kepala bidang kebudayaan Disbudpar kabupaten Bandung, H.Cucun Andreani Handayan,S.Pd.Msi. sangat mengapresiasi kepada Galura Putra Sadu yang sering melakukan terobosan dengan pagelaran-pagelaran kreasi seni dan budaya demi menjaga martabat suatu bangsa.

Martabat suatu bangsa bisa terangkat dengan seni dan budayanya. Kata slogan tersebut menjadi salah satu motivasi bagi seorang pimpinan Galura Putra Sadu (Apih Prabu) sebagai pencinta juga pelaku kesenian calung dan pelestari budaya tradisi parahiangan.

Mengenai perihal tersebut kepala bidang kebuyaan Disparbud kabupaten Bandung H.Apih Cucun mengucapkan sangat mengapresiasi terhadap tekad pimpinan Galura Putra Sadu pada acara Kreasi Seni dan budaya serta pertunjukan kaulinan urang lembur yang diselenggarakan oleh Saung Kaul dan Galura Putra Sadu,bertempat di taman kaulinan sabilulungan kabupaten Bandung, Sabtu (30/7/2022).

“Kenapa saya sangat mengapresiasi sekali, karena untuk Dijaman digitalisasi yang serba aplikasi seperti sekarang ini sangat sulit dan jarang ada yang masih suka dengan seni dan budaya, karena takut dibilang kuno atau ketinggalan jaman.

Lain hal nya dengan Apih Prabu, selain menyukai kesenian ia juga sering mengajak para kaula muda untuk mencintai serta melestarikan seni dan tradisi budaya parahiayangan,bahkan ia sebagai seorang pimpinan Lingkung seni calung Galura Putra Sadu, juga sebagai pembina grup calung Gumasep, dan ada juga grup calung Galura Putra Sadu Junior sebagai binaanya yang telah menjuarai festival seni calung tingkat anak-anak se-Jawa barat,”paparnya.

Apih Cucun menghimbau kepada para kaum Milenial supaya masih tetap mencintai dan melestarikan seni tradisi yang telah membudaya, jangan gengsi,bahkan kalau bisa jadikanlah kemajuan tekhnologi atau gadged juga website sebagai ajang pengenalan dan belajar seni tradisi juga belajar sejarah tentang seni dan budaya,tegasnya.

Saya berharap dengan adanya pertunjukan kreasi seni dan kaulinan urang lembur ini, yang digelar oleh Galura Putra Sadu bekerjasama dengan Saung Kaul ini dapat menarik minat juga memotivasi tumbuhnya kecintaan dan animo para kaum muda untuk mencintai dan melestarikan bahkan berminat menjadi pelaku seni dan menggemari budayanya,pungkasnya.
***(Heri)